Saturday, March 26, 2011

Hidup Dalam Solusi Kita Sendiri

Edisi: Quantum Learning
“berfikir tentang masalah” bias jadi negative.”berfikir tentang hasi” disisis lain adalah positif.ini merupakan lawan dari berfikir tentang masalah dan akan mengarahkan kearah yg benar,dan bukannya membiarkan anda bergelut dgn fikiran2 negatif.dgn berfikir ttg hasil anda mengajukan pertanyaan seperti “apa yg ada dlm kendaliku?” “apa yg akan menggerakanku?” berpikir ttg hasil mengubah masalah dan menguras energy menjadi tujuan2 yg menambah semangat.
Pikirkanlah solusi dari pada masalah,dan selaraskan diri anda dgn keberhasilan.dgn kata lain bayangkan bagaimana rasanya “hidup dalam solusi anda.” Inilah cara ampuh untuk tiba pd berbagai cara agar menjadikan solusi itu muncul,ini juga menciptakan tekanan antara masalah dan solusi.tekanan ini mempunyai kecenderungan alamiah untuk menguraikan dirinya,menjadi positif.
Berfikir kreatif bukanlah masalah bekerja lebih keras,ini adalah masalah berfikir secara berbeda.sering kali ini disebut gejala berfikir lateral yg disebut “ pergeseran paradigma “
Suatu paradigma adalah seperangkat aturan yg kita gunakan untuk mengevaluasikan informasi dan menyatukannya kedalam hidup kita.setiap orang memiliki paradigmanya sendiri berdasarkan pengalaman hidupnya.paradigma2 ini bermanfaat dalam berbagai hal.tetapi,paradigma juga membatasi,paradigma dapat menyembunyikan peluang dari anda,hanya karena kerangka fikiran anda tidak mengakui keberadaan peluang.
Hidup melalui paradigma seperti selalu melihat lewat jendela yg sama dan krn itu selalu melihat bag kecil yg sama dari dunia.anda dapat menjalani seluruh hidup anda dgn memandang jendela yg sama dan mengalami hidup yg biasa2 saja,bagaimanapun,mempunyai jendela semacam itu lebih baik drpd tidak memilikinya sama sekali.
Akan tetapi berbicara mengenai pergeseran paradigma lebih mudah dari pada melaksanakannya,walaupun kadang2 semua itu muncul seperti seberkas sinar dari dalam,lbh sering ini adalah masalah memutar mutar persoalan dan memandangnya dari semua sudut.yg terpenting,anda harus waspada bahwa paradigma ada untuk memikirkan ttg memandang bag luar paradigma tsb.
Kadang2 masalah merupakan masalah hanya karena anda memandangnya dari satu sudut,lihatlah dari sudut lain,solusinya begitu sangat jelas hingga bukan masalah lagi.
CURAH GAGASAN (BRAINSTORMING)
Adalah teknik penyelesaian masalah yg dpt digunakan baik secara individual maupun secara kelompok,hal ini mencakup pencatatan gagasan yg terjadi spontan dgn cara tdk menghakimi.ini didasarkan pd premis bahwa untuk mendapatkan ide-ide yg besar yg sebenarnya,anda harus memiliki banyak ide agar dpt memilih.
Curah gagasan lebih efefktif dalam kelompok2 karena efek komulatif dari masing2 fikiran di rangsang oleh kreatifitas yg lain.penting sekali menerima semua gagasan sbg gagasan yg baik terlepas seberapa jauh hubungannya.sesungguhnya,anda harus mencari yg jauh hubungannnya karena inovasi baru sering kali tampak mustahil pd pandangan sepintas.
Memandang masa depan adalah salah satu manfaat terpenting dalam keatifitas.yg sekarang tersedia adalah bahan mentah untuk membangun masa depan,memproyeksilan apa yg akan terjadi,meramalkan variabel2 apa yg akan membenyuk masa depan,inilah latihan utama pemikiran kreatif.
Lima ratus tahun yg lalu,seniman dan peramal besar italia Leonardo da Vinci,menggambar sketsa2 gagasanya ttg pesawat terbang,mobil,helicopter dan senjata mesin.kita mengetahui bahwa gagasan2 ini telah menjadi kenyataan tetapi kita tidak tahu pasri bagaimana ia mampu meramalkan kenyataan2 ini, satu-satunya penjelasan kita adalah bahwa ia memanfaatkan informasi yg telah ada pd masanya dan membuat “lompatan mental” ke dalam dunia yg belum diketahui,ia mengambil informasi dan menggabungkannya, menyusunnya kembali, dan tampil dgn kemungkinan2 yg tdk akan diterima atau difahami oleh penduduk dunia hingga berabad2 setelah kematiannya.
Kita semua harus menerima semua pikiran sbg realitas potensial dan mengajukan pertanyaan2 terbuka ttg bagaimana setiap pengaruh gagasan terhadap usaha kita.
Antisipasi terhadap masa depan adalah jalan yg mengubah bisnis biasa menjadi pelopor2 pertama.dan jika ada suatu rumusan sderhana untuk menjadi pelopr semacam itu,maka itu adalah : MASA KINI+ GAGASAN-GAGASAN BERANI = MASA DEPAN.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment