Saturday, March 26, 2011

SHOW NOT TELL

Menunjukkan bukan memberitahukan ( show not tell )

Edisi: Quantum Learning

Penjelasan yg hidup adalah alat yg ampuh bagi para penulis.ketika anda belajar menulis deskripsi,anda akan mampu mengembangkan gambaran visual dalam benak para pembaca,anda akan mengubh pernyataan2 yg kering mengensi fakta menjadi ilusrasi yg mempesonakan.orang tidak hanya membaca dan memahami,tetapi mereka akan menghubungkan dan bereaksi.
Salah satu cara terbaik untuk belajar melakukan hal ini disebut "menunjukkan bukan memberitahukan" teknik ini mengambil bentuk "kalimat 2 memberitahu" kemudian mengubahnya menjadi "paragraf2 yg menunjukkan".
Ketika anda menggunakan menunjukan bukan bukan memberitahukan,paragraph terbentuk secara alamiah& berkesan hidup. Tampaknya, semua itu mempunyai kehidupan tersendiri,efeknya menyenangkan dan mudah di fahami.tunjukkan saja suasana ini seolah olah anda sedang memfilmkannya.
Hal terbaik ttg menunjukkan bukan meberitahukan adalah bahwa setiap penulis akan menulis dgn deskripsi uniknya sendiri unutk masing2 kalimat.mustahil membuatnya tanpa mebiarkan gaya pribadi anda muncul.
Teknik menunjukkan bukan memberitahukan mepunyai banyak aplikasi.anda telah melihat bagaimana teknik ini dpt digunakan untuk karakterisasi, perbuatan dan pengaturan suasana, teknik ini juga efektif untuk puisi dan cerita, dan ini terutama sangat baik untuk karangan,tugas membandingkan dan mengontraskan dan tulisan2 persuasif.

PROSES PENULISAN INI EFEKTIF UNTUK SEMUA BENTUK TULISAN.
1.Persiapan : mengelompokkan dan menulis cepat.
2.Draft kasar : gagasan di eksplorasi, dan di kembangkan.
3.Berbagi : seorang rekan membaca draft tsb dan memberikan umpan balik.
4.memperbaiki : dari umpan balik, perbaiki tulisan tsb dan bagikan lagi.
5.Penyuntingan : Perbaiki semua kesalahan,tata bahasa dan tanda baca.
6.Penulisan kembali : masukkan isi yg baru, dan perubahan penyuntingan.
7.Evaluasi : periksalah apakahtugas ini sudah selesai.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment