Saturday, March 26, 2011

Menulis Dengan Penuh Percaya Diri

Kita semua adalah penulis,disuatu tempat di dalam diri setiap jiwa manusia ada jiwa unik yg berbakat yg mendapatkan kepuasan mendalam krn menceritakan suatu kisah,menerangkan bagaimana melakukan sesuatu,atau sekadar berbagi rasa dan fikiran.dorongan untuk menulis itu sama besarnya dgtn dorongan untuk berbicara,untuk mengkomunikasikan fikiran dan pengalaman kita pd orang lain,untuk,paling tidak,menunjukkan kpd mereka siapa kita.
Teknik2 mengajar tradisional mengabaikan kebenaran bahwa menulis merupakan aktifitas seluruh otak,sebenarnya,walaupun proses lengkap melibatkan kedua belahan otak dgn cara yg bervariasi,peran otak kanan harus di dahulukan.
Belahan otak kanan adalah tempat munculnya gagasan baru, gairah dan emosi. Kalau kita melewatkan langkah untuk membangkitkan energy otak kanan kita,maka memulainyapun kita tdk bisa,kita tak punya bahan bakar untuk mendorong,ketiadaan bahan bakar ini dikenal dgn hambatan menulis.

PENGELOMPOKKAN ( CLUSTERING ) ADALAH SUATU CARA MEMILAH GAGASAN2 DAN MENUANGKANNYA KE ATAS KERTAS SECEPATNYA,TANPA PERTIMBANGAN.
-MELIHAT DAN MEMBUAT KAITAN ANTARA GAGASAN
-MENGEMBANGKAN GAGASAN2 YG TELAH DI KEMUKAKAN
-MENELUSURI JALAN PIKIRAN YG DITEMPUH OTAK AGAR MENCAPAI SUATU KONSEP
-BEKERJA SECARA ALAMIAH DENGAN GAGASAN2 TANPA PENYUNTINGAN ATAU PERTIMBANGAN
-MENVISUALKAN HAL-HAL KHUSUS & MENGINGATNYA KEMBALI DGN MUDAH
-MENGALAMI DESAKAN KUAT UNTUK MENULIS

Jika anda melakukan teknik pengelompokan ini untuk merangsang gagasan dlm suatu proyek penulisan yg sebenarnya,anda akan berminat untuk memperhatikan setiap pola yg memberikan anda titik awal dari rencana yg akan anda tulis.
Teknik ini mebuat anda bekerja secara alamiah dgn gagasan2 tanpa menyuntingkan sama sekali.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment