Saturday, March 26, 2011

Manfaat Quantum Learning

Quantum Learning
Manfa'at Quantum Learning:
_Motifasi
_Sikap positif
_Keterampilan belajar umum
_Kepercaya'an diri
_sukses
Kita semua di lahirkan dengan rasa ingin tahu yg tak terpuaskan,dan kita semua mempunyai alat2 yg kita perlukan untuk memuaskan.
Otak manusia adalah masa protplasma yg paling kompleks yg pernah di kenal di alam semesta ini.Inilah satu2nya organ yg berkembang sehingga dpt mempelajari dirinya sendiri.Jika di rawat oleh tubuh yg sehat dan lingkungan yg menimbulkan rangsangan,otak yg berfungsi dpt tetap aktif dan reaktif selama lebih dari seratus tahun.
Otak mempunyai tiga bag :Otak reptile,otak mamalia & neokorteks.
Yg pertama dalam perkembangan revolusi adalah otak reptile.kita mempunyai unsur2 yg sama dengan reptilia.bag otak inilah yg betanggungjawab atas fungsi2 motor sensor-pengetahuan ttg realitas fisik yg berasal dari panca indra.

Kemampuan "Linguistik" muncul ketuka manusia masih dalam rahim.Seorang anak tidak di ajaekan bahasa ibunya,jika ibunya mempunyai kemampuan berbicara,maka ia tak dpt menghalangi anaknya untk belajar berbicara.Nyatanya jika seorang anak selalu mendengar suatu bahasa setiap saat selama tujuh tahun pertama hidupnya,maka kecerdasan linguistiknya akan mnjadi aktif.

Pd usia satu thn atau dua thn,otak motor sensorik sdh ckp berkembang,&anak tsb melangkah ke tahap perkembangan berikutnya.trjadi peningkatan luar biasa dlm jalinan2 neuron,dan ketika system emosional kognitif mulai bekerja,prilaku bayi berubah hamper dalam satu malam.
Pd thp ini selain berkembang secara emosional,anak sedang bersiap untuk perkrkmbangan intelektual yg lebih tinggi melalui brmain. Menirukan,membacakan cerita,&aktifitas bermain ygimajinatif lainnya,adalah cara2 anak mengembangkan kemampuan metamorphosis & simbolis yg merupakan dasar dr semua pendidikan yg lebih tinggi.

Pd usia 4 thn,struktur neuro motorik sensorik & kognitif emodional berkembang 80%.setelah itulah alam brpengaruh mengalirkan energy untuk bergerak ke cara berfikir yg lebih tinggi.inilah waktunya ketika kecerdasan lain terbuka untuk perkembangan.ijka dirawat dengan benar,semuanya akan berkembang.Jika anak merasa terancam atau tdk ada contoh,maka kecerdasan2 ini akan mandek pd usia sekitar 7 thn.

Pd anak yg telah dirwat dgn benar,banyak proses pemikiran yg lebih tinggi dpt terbentang & berkembang dgn menggembirakan & mulus.

Supaya mendapatkan ingatan yg tinggi baik pd anak maupun orang dewasa,seorang siswa harus mendalami secara total suatu pelajaran.

CARA BERFIKIR OTAK KANAN DAN OTAK KIRI

Proses berfikir otak kiri bersifat logis,skuensial,linear,& rasional.Sisi ini sangat teratur.Walaupun berdasarkan realitas,ia mampu melakukan penasiran abstrack dan simbolis.cara berfikirnya sesuai untuk tugas2 teratur ekspresi verbal,menulis,membaca,asosiasi auditorial, menempata\kan detail dan fakta.fonetik serta simbolisme.

Cara berfikir otak kanan bersifat acak,tdk teratur,intuitif dan holistic.cara berfikirnya sesuai dgn cara2 untuk mengetahui yg bersifat nonverbal, seperti perasaan & emosi,kesadaran yg berkenaan dgn perasaan,kesadaran spasial, pengenalan bentuk dan pola,music seni,kepekaan warna,kreatifitas & visualisasi.

Untuk menyeimbangkan kecenderungan masyarakat terhadap otak kiri,perlu di masukkan music dan estetika dalam pengalaman belajar anda,dan memberikan umpan baik positif bagi diri anda.semua itu menumbulkan emosi positif,yg membuat otak anda menjadi lebih efektif.
emosi positif mendorong ke arah kekuatan otak,yg mengarah pd keberhasilan,yg mengarah pd kehormatan diri yg lbh tinggi,yg mengarah pd emosi yg positif-siklus aktif yg mengangkat anda lbh tinggi dan lebih tinggi lagi.

KEKUATAN "AMBAK" (APA MANFAAT BAGI KU ).

Sebelum anda melakukan hmpr segalanya dlm hidup anda ,baik secara sadar maupun tidak,anad akan bertanya pd diri anda ttg prtanyaan penting ini "apa manfaatnya bagi saya"
Dalam hal ini, anda melihat manfaat pd pilihan ke 2 yg menurut anda lbh menarik.pakah itu masuk akal atau tidak,apakah itu lbh baik bagi anda? Yg penting alternative yg lbh menarik adlah altenatif yg anda pilih.

Segala sesuatu yg ingin anda kerjakanharus menjanjikan manfaat bagi anda atau anda tidak akan termotifasi untuk melakukannya.

Menciptakan minat adalah cara yg sangat baik untuk memberikan motifasi pd diri anda demi mencapai tujuan anda.

Bagaimana anda menciptakan minat ini trgantung pd berbagai hal dlm kehisupan anda sendiri,jd masing2 orang akan melakukannya dng cara yg berbeda.
Menciptakan minat jg memilki keuntungan instriknya.ketika anda menciptakan minat dlm suatu objek,anda kerap mendapati bahwa hal itu kerap membawa anda pd minat baru di bidang lainnya. Mengembangkan bidang2 baru ini menimbulkan kepuasan tersendiri.dan jg minat baru lainnya-reaksi berantai yg berjalan terus menerus.
Tantangan terbesar anda adalah "menemukan waktu untuk mencapai semuanya"

Jika anda bertanggung jawab atas hidup anda,anda akan mulai membuat segalanya terjadi,dan bukan sekadar membiarkannya.
Belajar aktif adalah masuk ke dalam kehidupan,bukan membiarkan hidup mengombang- ambingkan anda.
Tempatkan diri anda dalam posisi "pencari" dan mulailah pencarian ilmu.

Semakin banyak pengetahuan yg anda miliki,semakin banyak pilihan yg anda miliki ketika menghadapi situasi yg menantang.semakin banyak pilihan anda,semakin besar kekuatan pribadi yg anda miliki.dan itulah yg di bahsa dlm buku ini "kekuatan pribadi".Inilah satu jenis kekuatan yg anda lihat pd orang2 yg sepenuhnya bertanggungjawab atas diri mereka,pd orang2 yg membuat keputusan dg keyakinan krn mereka mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan semua informasi yg mereka butuhkan untuk membuat keputusan yg benar bagi diri mereka.

MERAYAKAN KEBERHASILAN ANDA

Ini memberikan anda prasaan :
-keberhasilan
-kesempurnaan
-kepercayaan diri
-motivasi untuk pekerjan berikutnya

INILAH SAATNYA "MANFAATKAN WAKTU ANDA SAAT INI"
Bisikan di kepala anda yg menjauhkan anda sama sekali dari kehidupan sekarang,adalah bisikan ego anda,bag dari anda yg selalu mencari kesenangan dan kenyamanan.tetapi,ada nilai dr ketidak senangan dan
ketidak nyamanan,untuk satu hal,ini mrnggerkan benak anda k eke keadaan yg lbh aktif.dan untuk hal lainnya,ini melebarkan zona kenyamanan anda untuk mengikut sertakan serangkaian pengalaman yg lbh luas.
Jika anda dpt mempelajari bagaimana menciptakan suasana yg paling mendukung,berarti anda telah mengetahui cara membawa diri anda kedalam kerangka fikiran yg ideal-tanggap terhadap detail,merasa positif,dan mempunyai keteguhan untuk melakukan yg terbaik.sikap positif yg anda bangun dg upaya sederhana ini akan mulai merasuki setiap bidang kehidupan anda,dr pertemuan2yg singkat dan sederhana hingga proyek besar yg rumit yg tdnya tak ingin anda lakukan.dan sbg manfaat tambahan,anda jg akan lbh menikmati waktu2 luang anda.

Jika anda belajar di lingkungan yg ditata dg baik,maka lbh mudahlah untuk mengembangkan dan mempertahankan sikap juara.dan sikap juara akan menghasilkan pelajar yg lbh baik.

IRINGAN MUSIK :KUNCI UNTUK MENUJU :QUANTUM LEARNING"
Alasan mengapa music sangat penting untuk lingkungan Quantum Learning adalah karena music sebenarnya berhubungan dan mempengaruhi fisiologis anda.selama melakukan pekerjaan menyal yg berat,tekanan darah dan denyut jantung anda senantiasa meningkat,dan otot2 anda menjadi tegang.selama relaksasi dan meditas,denyut jantung dan tekanan darah menurun,dan otot2 mengendur.biasanya akan sulit berkonsentrasi ketika anda benar2 relaks,dan sulit untuk relaka ketika anda berkonsentrasi penuh.
RELAKSASI YG DI IRINGI DGN MUSIK MEMBUAT FIKIRAN SELALU SIAP DAN MAMPU BERKONSENTRASI

Juga ada teori yg mengatakan bahwa dalam situasi otak kita sedang bekerja,seperti mempelajari materi baru,music akan membangkitkan reaksi otak kanan yg intuitif dan kreatif sehingga masukkannya dapat di padukan dgn keseluruhan proses.
Adalah otak kanan anda yg cenderung untuk terganggu selama rapat,kuliah,dan semacamnya.yg merupakan penyebab mengapa anda kadang2 melamun dan memperhatikan pemandangan ketika andaberniat untuk berkonsentrasi.memasang music adalah cara efektif untuk menyibukkan otak kanan anda ketika anda sedang berkonsentrasi pd aktivitas2 otak kiri.

APAPUN YANG ANDA LAKUKAN,ATAU INGIN ANDA LAKUKAN,MULAILAH."
KEBERANIAN MEMILIKI KECERDASAN,KEKUATAN DAN KEAJAIBAN DI DALAMNYA."

IKUTI TANDA2 POSITIF
Bila saya mengatakan tanda2 positif,saya sedang berbicara mengenai rangsangan visual yg meningatkan anda bahwa anda mampu menjadi orang yg istimewa.inilah beberapa hal yg dpt anda manfaatkan dlm tempat kerja anda.

Semakin anda berinteraksi dgn lingkungan,semakin mahir anda mengatasi situasi2 yg menantang dan semakin mudah anda mempelajari informasi baru.

Setiap kali anda berhubungan secara aktif dgn rangsangan baru dlm lingkungan anda,anda membangun gudang penyimpanan pengetahuan pribadi anda,yg member anda informasi sebanyak itu pula,yg dpt di gunakan untuk mendekati situasi berikutnya.

PERGILAH KELUAR DAN AKTIFLAH,AMBILAH RESIKO DAN LAKUKANLAH SESUATU YANG BARU.

Berinteraksi dgn lingkungan jg mangambil peluang2 yang akan datang,dan menciptakan peluang jika tidak ada.
Interaksi dgn lingkungan berarti melakukan perubahan,diperlukan pelebaran langkah untuk melakukan sesuatu yg baru.langkah yg anda buat karena mengubah sesuatu dlm hidup anda,sprt memperoleh pekerjaan baru,akan melebarkan zona aman anda,&simpanan pengetahuan pribadi anda.ni jg akan membuka mata anda terhadap hal2 br d lingkungan tsb.

MEMUPUK SIKAP JUARA
Berfikir seperti seorang juara membuat anda menjadi juara.Aset anda yg paling berharga adalah bersikap positif.
Kalau anda mempunyai hara[pan yg tinggi terhadap diri anda,harga diri yg tinggi,dan keyakinan bahwa anda akan berhasil,anda akan mempereoleh prestasi tinggi.ada pepatah lama yg masih berlaku "apa yg anda fikirkan akan menjadi kenyataan"
Mantapkanlah untuk mempunyai sebuah sikap positif,dan segalanya akan segera berubah.kemungkinan akan menjadi probabilitas,dan keterbatasan akan menjadi peluang.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment