Wednesday, May 14, 2014

Jaga kebersihanmu Gils


Created by: Eka Dini

Gils.. bau secara kata memang hanya tiga huruf. Tapi pengaruhnya dalam kehidupan nyata benar-benar luar biasa... Daripada berharap sedunia memaklumi dan mau mengerti bau-bauanmu, akan lebih gampang kalo kamu mengubah diri. Meski kamu pribadi ga terganggu, dan bisa enjoy jalanin rutinitas harian. Tetap ga beralasan kan mempertahankan bau..??
Ini juga yang sering bikin orang-orang bingung. Sebab mereka nemuin banyak kasus muslimah berjilbab yang punya masalah dengan BB.. tapi anehnya yang bersangkutan tdiak terganggu sama sekali. Penyebab bau itu tentu bermacam-macam. Dari faktor eksternal sampai faktor internal yang penyebabnya nggak jauh-jauh, yaitu dari dalam muslimah itu sendiri. Makanya perlu banget kita kenali sumber-sumber yang berpotensi menimbulkan bau-bauan ini. Apa aja siih? Yukk check this out gils...
 1. Keringat Biarpun cantik, tinggi, langsing, penampilanmu ngalahin siapapun yang paling ngetop di jagat ini, tapi kalau bau, siapa yang kuat dekat-dekat?
 Tips and trick:
a. Ganti Jilbabmu: Jangan karena malas nyuci atau ngirit baju, terus kamu jadi jarang ganti. Plis, peduli dengan kenyamanan orang lain disekitarmu.. jangan juga pakai jilbab model side A side B (yang habis pakai satu sisinya, terus besoknya dibalik dan dipakai sisi satunya lagi).
 b. Ganti Baju: Jangan pakai baju yang sama untuk dua hari! Terutama atasan.. baju, terutama atasan, harus ganti supaya bau keringat nggak nyebar ke seluruh badan. Sedangkan rok atau celana panjang, kalau kelihatannya masih bersih, nggak apa deh dipakai untuk dua hari. Yang penting jangan sampai seminggu aja..
c. Pakai anti BB: Kamu bisa pakai anti BB yang sekarang udah banyak dijual dipasaran dari yang jenisnya bedak BB sampai yang model roll on. Jangan lupa, pakai setiap habis mandi!!
d. Mandi: Mandi sehari minimal dua kali. Jangan mentang-mentang udah pakai deodorant jadi jarang mandi, ya..? biar gimana air kan pelembut alami.. selain itu, mandi juga menyegarkan pikiran biar nggak butek terus.. e. Masih Bau??? Kalau tingkat bau badanmu tinggi sekali, konon rambutan sederhana seperti air sirih yang direbus terus diminum segelas settiap hari bisa membantu. Coba deh!
f. Makanan dan Minuman: Hindari juga makanan atau minuman yang merangsang timbulnya bau badan dan keringat yang berlebihan. Example: jengkol, pete dll
g. Ekstra Baju Salin: Kalau kamu termasuk yang cepat keringetan, atau sering nginep dirumah teman dengan alasan belajar kelompok atau apa.. jangan malas bawa baju ganti dan semua perlengkapan yang menghindarkanmu dari menyerang hidung orang.
2. Bau mulut: Hudzaifah ra berkata: “Nabi SAW biasa jika bangun tengah malam langsung menggosok giginya dengan siwak (gosok gigi).” (HR. Bukhari dan Muslim)
a. Rajin sikat gigi 
Yang benar itu, sikat gigi setelah makan. Bukan sikat gigi sebelum makan! Bukan Cuma sehari dua kali, apalagi kamu habis makan makanan yang menyisakan bau di mulut. Biasakan juga menyikat gigi sebelum kita melakukan shalat. Masa mau bertemu dengan Sang pencipta dalam keadaan mulut bau sii??
b. Pakai obat kumur 
Kalau masih bau juga, sediakan obat kumur yang sekarang sudah banyak dijual dipasaran. Paling tidak berkumur dulu sebelum ketemu orang-orang penting!
c. Sedia permen mint
Selalu sedia permen mint setiap saat. Siapkan di tas dan kunyah sebelum pertemuan penting!
d. Ke dokter gigi
Bau mulut bsia juag disebabkan karena ada gigi yang bolong dan eprlu ditambal, mungkin busuk nyang harus dicabut atau karang gigi yang sudah puluhan tahun nggak pernah dibersihkan.
3. Rambut
Muslimah harusnya membawa kedamaian, bukan aroma nggak enak..
Jadi, kita sebagai muslimah harus senantiasa perhatian sama rambut.. nggak suah berlebihan dan menghabiskan dana jutaan!
Tips and trick:
a. Keramas rutin Keramas rutin itu perlu.
Paling nggak dua kali sehari. Rambut sehat bikin kepala bebas dari gatal-gatal yang bikin kamu jadi nggak enak dipandang mata. Apalagi kepala kita tertutup, perlu perhatian ekstra biar rambut tetap OKE.
b. Jangan malas pakai conditioner
Conditioner banyak banget manfaatnya dan jelas bikin rambut lebih fresh dan sehat.
c. Mengeringkan rambut
Aroma nggak enak bisa keluar dari pori-pori kain jilbab. Kalau kamu pakai jlbab dalam kondisi rambut masih basah setelah keramas. keringin dulu, deh. Kalau kamu nggak punya waktu, atur jadwal keramasmu biar nggak terburu-buru.
d. Tonik
Habis keramas, lebih baik lagi kalau sempatkan pakai tonik., biar akar-akar rambut makin kuat. Apalagi jika rambut memang tipis atau bahkan lagi rontok banget. Tonik juga membuat aroma rambut lebih segar..
e. Sisir
Meskipun berjilbab, jangan sampai kamu nggak pernah nyisir rambut!jangan sampai rambut kamu kuwel-kuwel kaya tarzan gara-gara nggak pernah disisir.
f. Si mungil pediculus
Si mungil ini bukan hanya menggangu kenyamanan dan kesehatan melainkan juga imej “muslimah” sudah saatnya makhluk yang merayap di kepalamu dan bikin gatel dikasih pelajaran. Jangan karena kutu dan telurnya terlindungi dari mata orang karena jilbabmu, terus dianggap sepele! Caranya yaitu dengan basmi kutu dengan pembasmi kutu. Ex: peditox dll.
g. Perawatan extra
Jangan anti ke salon!
Sebulan sekali atau dua bulan sekali creambath atau minta rambutmu dimasker (buat yang rontok). Apalagi sekarang sudah banyak salon khusus muslimah dengan harga relatif terjangkau. Kesegaran kepala nggak hanya berefek untuk menyehatkan rambut, tapi juga membuat diri segars ecara keseluruhan.

Sumber: Nadia, Asma. (2013). Salon Kepribadian Muslimah. Depok: Asma Nadia Publishing House

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment