Tuesday, May 27, 2014

Yang Perlu Diingat dalam Penampilanmu, girls!

Apapun pakaianmu, boleh gamis, rok and blus, celana panjang dengan blus panjang (bukan hanya tangannya panjang tapi juga panjang bajunya), atau bahkan overall, ada beberapa kesalahan umum yang banget-banget mengganggu mata:
     ·        Benang-Benang Berkeliaran
Baju udah rapi, model pantas, tapi o-ow! Benang-benang menjuntai. Dari jilbab, lengan baju, rok atau ujung gamis dan celanamu. ugh! Apa salahnya ambil satu, dua menit untuk memeriksa adakah benang-benang berkeliaran di pakaianmu? Jangan malas! Ambil gunting dan buang, sebelum kamu berpakaian.
     ·        Awas Ranjau
Pernah ketemu muslimah yang jilbab dan gamisnya mantes, warna juga oke? Tapi sewaktu dia menyilangkan kaki, baru deh terlihat ranjaunya. Sebuah celana warna hijau kotak-kotak merah dengan ujung-ujungnya yang sudah tidak terkelim rapi, mencuat dari gamisnya yang manis. Benar-benar merusak keseluruhan penampilan dia yang udah oke.
So, sama sekali nggak dilarah memakai daleman, biar baju nggak tembus pandang. Bagus malah! Tapi perhatikan juga, jangan sampai kaus dalam berlubang masih kamu pakai atau daleman yang buntut terpamerkan. Apalagi yang bercorak, aduh! Ingat, dimana-mana rok/celana yang berfungsi sebagai daleman harus lebih pendek dari baju luar, biar nggak balapan!
·        Baju Uzur
Ngirit boleh, bagus malah. Tapi, kecuali kamu memang punya masalah keuangan dan harus sangat berhemat, ada baiknya perhatiin juga umur baju koleksimu.
Percaya deh, orang akan lebih komplain ketimbang kagum dengan kemampuanmu mengawetkan baju. Masalahnya baju-baju yang berumur, warnanya pasti terlihat lebih suram, terutama jilbab putih, biasanya cepat menjadi kekuningan. Jangan tunggu diprotes! Pilah-pilih bajumu. Kalau ternyata yang mencegahmu menyingkirkan baju tersebut adalah alasan kenangan, kamu bisa tetap menyimpannya. Tapi nggak harus dipakai, kan?
Tapi, gimana juga kalau kendalanya memang soal biaya? Beli baju baru mungkin murah buat sebagian muslimah, tapi sangat mahal bagi muslimah yang lain.
Tips and Trick:
o   Jemur bajumu dari tempat yang terlindung matahari, ini akan membuat warna baju nggak cepat pudar.
o   Gunakan pemutih untuk pakaian berwarna putih, biar tidak terluhat kusam.
o   Padu padan bisa membantu penampilan terlihat variatif, meski sebetulnya yang kamu pakai itu-itu aja. Makanya satu buah rok, dua buah baju atasan, lebih mudah divariasikan ketimbang dua buah gamis.
o   Berdamai dengan selera. Dengan budget yang terbatas, memilih warna-warna netral dan cerah, jauh lebih aman dan bisa kena kemana-mana, ketimbang menurutkan selera terhadap warna-warna tertentu, yang menuntut jilbab warna spesifik yang sering kali nggak cocok dikenakan untuk baju lain. Hal yang sama berlaku untuk model.
o   Modifikasi baju-baju lama. Gamis dijadiin atasan panjang atau dimonte, disulam, diberi variasi diubah bentuk tangan dll, sehingga ada sesuatu yang bary (perhatikan, jangan sampai ongkos nyulam atau bikin variasi malah lebih mahal dibanding beli baju baru).
·        Kekecilan
Seperti halnya kebesaran,baju yang terlalu sempit atau ketat juga mengganggu mata. Kecuali memang sengaja mempertontonkan bentuk tubuh. Artinya (kamu nekat, gitu, lho), sebaiknya baju-baju yang ngepas (rok terlalu ngepres) jangan dipakai. Biarpun kamu suka sama motifnya atau harganya mahal atau bahkan lagi trendi.
Lagian masa, sih, syariat dikalahkan sama tren? Jangan dong, ya? Biasanya tubuh yang nggak nyaman bakal bereaksi (menarik ujung baju, membetulkan berkali-kali dsb).
·        Kormod?
Ngeliat beberapa teman muslimah bereksperimen ngikutin mode? Duh, banyak juga yang malah jadi jeblok penampilannya, lho. Jangan asal ngikutin model, ah. Apalagi sampai jadi kormod alias ‘korban mode’ segala. Boleh ngikutin tren dengan catatan:
o   Nggak ngelanggar syar’i.
o   Cocok untukmu (bentuk tubuh, size, warna kulit, usia).
o   Nggak bikin jebol kantong.
Ingat, jangan kalap sama perkembangan fesyen, sebab kalau diikutin nggak bakalan ada habisnya. Belum lagi perkembangan fesyen umumnya cepat banget. Bisa-bisa sebelum kamu berkedip, bajumu udah ketinggalan zaman. Nggak ada salahnya memilih pakaian yang modelnya simple, sebab cenderung netral dan bisa dipakai kapanpun.
·        The Gold Living Lady
Pernah terganggu dengan teman muslimah yang kemana-mana terlihat seperti toko emas berjalan? Gelang berderet-deret, cincin nyaris di setiap jari?
Memakai perhiasan berlebihan rasanya nggak perlu. Untuk apa, sih? Perhiasan yang terlalu mencolok hanya akan membuat sesak hati orang yang tidak punya. Lainnya mungkin akan iri oadamu, menuduhmu Mrs. Sok Pamer, atau malah kampungan.
Perhiasan emas, apalagi dalam ukuran besar, juga akan emmbuatmu kelihatan ibu-ibu banget. Lihat aja anak-anak muda, nggak gitu, kan? Selain itu, perhiasan berlebihan bisa-bisa mengundang niat jahat orang lain terhadapmu. 
·        Situasi
Bahkan busana paling baik bisa kelihatan jelek kalau nggak cocok sama situasi alias tempat dan waktu. Jadi, pertimbangkan jenis acara yang kamu hadiri. Baju kuliah tentu beda dengan baju untuk pergi ke kondangan, baju untuk kondangan tentu nggak pas dipakai ke pemakaman.
·        Aksesoris Pelengkap
Busana udah oke, tapi kenapa masih ada yang bikin kamu kelihatan aneh dan nggak asyik? Cek lagi, deh. Apakah tas yang kamu kenakan? Warna dan model yang nggak match sama busana dan acara? Atau sepatumu?

Kalau dana terbatas, usahakan selektif dan berpikir strategis sebelum membeli. Pilih warna dan model yang metral dan simple, biar lebih multiguna.

1 comments:

fatimazakrajsek said...

2019 ford fusion hybrid titanium - Titanium Arts
2019 ford fusion fusion hybrid mens titanium wedding rings titanium oxide from TITONICA. 1 oz. Small titanium white wheels batch titanium chain of Titanium-Ace. 3 oz. titanium straightener Bulk titanium necklace Shipping. 4 oz. Small batch of Titanium-Ace.

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment