Tuesday, May 20, 2014

Sayur dan Buah Sahabat Tubuh Indah

Sayur dan buah adalah sumber makanan bergizi tinggi. Beta karotin dalam sayuran membantu memperlambat proses penuaan dini, mencegah risiko penyakit kanker, meningkatkan fungsi paru-paru dan menurunkan komplikasi yang berkaitan dengan diabetes. Didalam sayuran dan buah terdapat vitamin yang berfungsi sebagai antioksidan yang bekerja dengan cara mengikat lalu menghancurkan radikal bebas sehingga mampu melindungi tubuh dari reaksi oksidatif yang menghasilkan racun.
Dibawah ini kita bisa mengetahui kandungan, khasiat dan manfaat sehat dari beberapa jenis buah:
1.                  Tomat: berkhasiat membantu membersihkan hati dan darah serta mencegah beragam penyakit dan gangguan kesehatan lainnya seperti gusi berdarah, rabun senja, penggumpaland arah, usus buntu, kanker prostat dan kanker payudara.
2.                  Pepaya: mengandung enzim papain yang berguna membantu memecah serat makanan dalam sistem pencernaan serta mempercepat proses pencernaan protein, karbohidrat dan lemak. Enzim papain juga berguna untuk mencegah protein menjadi arginin yang berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara, membantu menghilangkan terbentuknya substansi yang tidak diinginkan akibat pencernaan yang tidak sempurna, membantu mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan mencegah berkembangnya bakteri merugikan di dalam usus.
3.                  Pisang: kaya akan mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium. Pisang juga mengandung vitamin C, B kompleks, B6 dan serotin yang aktif sebagai neurotransmitter dalam kelancaran fungsi otak. Dalam pisang juga terkandung trypthan, sejenjis protein yang kemudian diolah tubuh menjadi serotonin. Zat ini akan membawa efek rileks dan menambah suasana hati menjadi lebih nyaman, sehingga membantu kita terhindadr dari depresi. Manfaat lain dari pisang adalah membantu mengurangi keluhan menjelang haid, mencegah anemia, mengurangi risiko tekanan darah tinggi dan stroke, mensuplai energi bagi otak, mencegah dan mengurangi gangguan jantung dan pencernaan. Selain itu mengonsumsi pisang yang rutin dapat membantu mengecilkan perut kita lho..
4.                  Mangga: mengandung karoteniod yang disebut beta crytoxathin, sebuah antioksidan yang dapat melindungi tubuh terhadap beberapa jenis kanker seperti kanker usus dan kanker tulang tengkuk. Selain itu, mangga juga kaya serat serta vitamin A, E dan C. Mangga dapat bertindak sebagai desinfektan dan pembersih darah juga mengatasi gangguain kesehatan lain seperti bau badan dan demam.
5.                  Stroberi: mengandung ellagic dan acid sebagai antioksidan yang berfungsi dapat menghalangi pertumbuhan tumor dalam paru-paru, esofagus, payudara, serviks dan lidah. Sebagai obat tardisional, stroberi diyakini memiliki antibakteri yang dapat berfungsi membersihkan sistem pencernaan.
6.                  Apel: mengandung flavonol yang sering disebut Quercetin. Menurut beberapa penelitian terbukti memiliki bahan antikanker. Quercetin juga mengandung bahan antiradang sehingga bermanfaat bagi penyakit seperti arthitis. Khasiat Apel yang lain adalah membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan mengurangi nafsu makan yang terlalu besar.
7.                  Jeruk: merupakan sumber pectin yang berfungsi menurunkan tekanan darah. Kandungan vitamin C dalam jeruk yang sangat tinggi membuatnya menjadi buah yang baik untuk mencegah dan mengobati sariawan. Jeruk juga berkhasiat untuk menurunkan risiko gangguan kardiovaskuler, kanker dan katarak.
8.                  Pir: buah ini bermanfaat untuk mencegah beragam gangguan kesehatan umum seperti demam dan batuk berdahak.
9.                  Jambu Biji Merah: buah ini berkhasiat menurunkan kadar kolesterol dalam darah, membantu mengobati infeksi, mencegah sariawan, memperlandar peredaran darah dan saluran pencernaan serta mencegah konstipasi.
10.              Semangka: bermanfaat sebagai antialergi, penurun kadar kolesterol dalam darah serta pencegah serangan jantung.
11.              Melon: buah ini mengandung vitamin C, kadar gula yang tinggi dan lycopene yang berfungsi sebagai antikanker. Melon merah dan oranye juga mengandung karoteniod yang dapat melindungi sel tubuh terhadap kerusakan radikal bebas. Karotenoid dalam melon juga dapat diubah tubuh menjadi vitamin A. khasiat lain dari melon adalah mencegah penggumpalan darah, membersihkan kulit, memperlancar saluran pencernaan dan membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.
12.              Wortel: karena sangat kaya akan vitamin A, wortel baik dikonsumsi untuk menjaga kesehatan mata. Worteljuga mampu meingkatkan kekebalan dan daya tahan tubuh serta menjaga hati tetap sehat.
13.              Belimbing: berkhasiat memperlancar pencernaan makanan, menurunkan tekanan darah dan menurunkan kadar kolesterol.
14.              Nanas: membantu pencernaan, mengatasi pembekuan darah, mencegah sinusitis, gangguan jantung dan stroke serta mempercepat penyembuhan luka dan mengatasi infeksi saluran kemih dan pencernaan.
15.              Kiwi: dapat diubah menjadi senyawa yang memiliki kemampuan mengikat kanker. Hebatnya lagi, satu buah kiwi setiap hari cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin C orang dewasa.
16.              Anggur: dapat meningkatkan kesehatan jantung, berfungsi sebagai antikanker, antibakteri dan antioksidan.

Sehat dengan Jus

Dr. Norman Walker dalam bukunya ‘Fresh vegetable and Fruits Juices, What’s Missing in Your Body’ mengatakan perlunya mengonsumsi makanan dalam bentuk seasli mungkin. Untuk itu, solusi yang bsia kita lakukan adalah mengolah buah dan sayuran menjadi jus. Jus dapat masuk dan menyerap ke dalam darah dengan sangat cepat sehingga dapat membantu fungsi pencernaan. Meski proses membuat jus akan menghilangkan sebagian serat yang terkandung dalam buah dan sayuran tsb, setidaknya ada nutrisi yang masuk ke dalam tubuh ketimbang tidak mengonsumsi sama sekali.
Rahasia Jus Sehat dan Lezat
ü Perhatikan kualitas bahan: pilihlah buat atau sayuran yang matang dan segar agar mendapatkan rasa yang prima.
ü Variasikan bahan untuk mendapatkan penampilan yang menggugah selera dan kombinasi zat gizi yang saling melengkapi.
ü Tambahkan air jeruk lemon saat memblender semua bahan jus. Selain memberikan sensasi asam yang segar, air jeruk juga bisa membantu menghilangkan aroma dan rasa kurang enak pada buah-buah tertentu.
ü Blender buah tanpa es batu lalu dinginkan di dalam lemari pendingin. Cara ini memberi hasil lebih baik ketimbang memcampur buah dan es bersamaan saat memblendernya.

ü Sajikan jus selagi dingin untuk menjaga keutuhan kandungan vitamin dalam buah dan mencegah buah-buahan tersebut mengalami reaksi enzymatic browning (proses kimiawi yang melibatkan beberapa unsur dan enzim yang mengubah warna asli buah menjadi coklat), jika sudah dikupas dan bersentuhan dengan udara. 

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment