Friday, May 23, 2014

PARADIGMA KENAIKAN HARGA BAWANG TERHADAP INFLASI

Pengaruh naiknya harga bawang terhadap inflasi tidak terlalu tinggi. Karena bawang tidak termasuk bahan pokok. Dalam proses masak-memasak takaran bawang bisa dikurangi kalau tidak ingin mengambil resiko. Selain itu juga bawang merah dan bawang putih masih dapat diganti dengan bawang daun.
Beda halnya dengan kenaikan barang pokok seperti beras dan bahan bakar. Apabila porsi beras dikurangi, anggota keluarga jadi kekurangan makan sehingga menyebabkan kelaparan, sedangkan apabila bahan bakar tidak ada, aktifitas sehari-hari akan terganggu. Misalkan kalau bahan bakar tidak ada kendaraan tidak bisa jalan, ibu-ibu tidak dapat memasak dll.

Dengan harga bawang yang sangat menarik dan menggiurkan untuk saat ini, banyak para petani yang tertarik untuk menanam bawang, selain itu tanaman bawang dapat dipanen dalam jangka waktu yang tidak lama, sehingga pada saat panen nanti kemungkinan jumlah bawang di pasar akan melimpah dan dengan melimpahnya jumlah bawang di pasaran maka permintaan terhadap bawang pun akan berkurang yang menyebabkan deflasi (turunnya harga bawang). 

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment