Monday, May 19, 2014

Pola Makan Sehat untuk Keindahan Tubuh Wanita


”To keep the body in good health is a duty.. Otherwise we shall not be able to keep our mind strong and clear..” (anonimous)
Tubuh merupakan modal bagi seorang perempuan aktif untuk melakukan apa saja dalam hidupnya. Tubuh yang sehat memungkinkan kita untuk beraktivitas dengan cekatan sehingga dapat memperoleh hasil yang baik. Tubuh indah membuat kita selalu percaya diri untuk tampil dimana dan kapanpun saat mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kita. 
Tubuh indah juga menambah keyakinan dan kepercayaan diri kita untuk bertemu siapapun dalam mengerjakan pekerjaan kita. Keindahan tubuh adalah sesuatu yang relatif, bergantung pada selera mereka yang melihatnya dan persepsi serta cara pandang seseorang terhadap tubuhnya sendiri. Hal ini dalam banyak buku psikologindinamakan dengan ‘body image’. Body image terdiri dari dua macam yaitu positif dan negatif. Perempuan dengan body image positif memiliki sebuah persepsi yang nyata terhadap ukuran dan bentuk tubuhnya dan merasa nyaman dengannya. Sementara perempuan dengan body image negatif memiliki pemahaman yang menyimpang mengenai bentuk dan ukuran tubuhnya. 
Mereka amat suka membandingkan tubuhnya dengan tubuh dengan orang lain dan merasa malu dengan tubuhnya sendiri. Hampir semua perempuan di dunia saat ini berada dibawah tekanan untuk mengukur status kecantikan dari sisi sosial dan budaya tertentu tanpa memperhatikan kecantikan dari dalam (inner beauty), sehingga menyebabkan body image mereka rendah. 
Ada beberapa hal praktis yang bisa kita lakukan untuk membuat body image kita tetap positif, seperti berikut ini:
1. Menjalani pola makan sehat: pengaturan makanan dengan mempertimbangkan asupan kandungan gizi di dalamnya. Tiga zat gizi yang utama adalah karbohidrat, protein dan lemak. Ketiganya kerap disebut sebagai zat gizi makro. Sementara itu zat gizi lain yang tak kalah penting adalah vitamin dan mineral yang disebut juga dengan zat gizi mikro. Selain itu tubuh kita juga memerlukan air dan serat untuk memperlancar proses metabolisme. Selain untuk memperlancar metabolisme, serat juga berfungsi memenuhi rongga perut, memperlancar proses BAB dan mempengaruhi penyerapan zat gizi dalam usus. 
Kita perlu menerapkan pola makan seimbang dengan jumlah yang sesuai dengan kebutuhan. Makanan dengan gizi seimbang adalah makanan yang mengandung: 
a. Zat tenaga; 
b. Zat pembangun; 
c. Zat pengatur; 
Untuk mendapatkan kesehatan yang prima, aturlah pola makan kita berdasarkan 11 anjuran dibawah ini: 
a. Konsumsi aneka ragam makanan sehingga masing-masing makanan saling melengkapi. Sayur dan buah merupakan sumber vitamin, mineral dan antioksidan yang alami yang berfungsi menghancurkan radikal bebas dalam tubuh. 
b. Konsumsi makanan yang mengandung cukup energi agar kondisi tubuh tetap prima untuk melakukan aktivitas sehari-hari. Perbanyak asupan karbohidrat kompleks (padi-padian,umbi-umbian). Kandungan serat dalam karbohidrat kompleks dapat memperlambat waktu lebih lama dan tubuh dapat menyerap zat gizi dari makanan dengan baik. 
c. Minimalkan penggunaan lemak jenuh yang terkandung dalam produk hewani seperti daging, susu dan keju karena dapat meningkatkan resiko kanker dan penyakit jantung koroner. Minyak nabati seperti minyak zaitun dapat digunakan sebagai pengganti lemak jenuh. Selain mengurangi resiko penyakit, minyak nabati relatif tidak meningkatkan berat badan. 
d. Biasakan sarapan untuk memelihara daya tahan tubuh saat bekerja dan meningkatkan produktivitas kerja. e. Minumlah air putih dalam jumlah yang cukup. Minumlah sekurangnya dua liter atau delapan gelas perhari untuk mencegah dehidrasi dan menurukan risiko penyakit ginjal. 
f. Hindari minuman beralkohol. Kebiasaan minum alkohol dapat menyebabkan kekurangan gizi, penyakit gangguan hati, kerusakan saraf otak dan jaringan serta menyebabkan kecanduan. 
g. Perbanyak konsumsi bahan makanan nabati karena bahan makanan ini efektif mencegah kanker. 
h. Pilihlah bahan makanan yang alami. Riset menunjukkan bahwa zat gizi, nutrisi dan antioksidan dari bahan pangan alami lebih baik kualitasnya daripada bahan pangan olahan atau suplemen makanan. 
i. Makanlah secara teratur. Ketidakteraturan jadwal makan dapat menyebabkan berbagai keluhan, diantaranya sakit maag karena adanya iritasi dari asam lambung dan enzim pencernaan pada saluran cerna yang kosong. 
j. Lakukan kegiatan fisik dan olahraga secara teratur untuk meningkatkan kebugaran, mencegah kelebihan berat badan, meningkatkan fungsi jantung, paru dan otot serta memperlambat proses penuaan. Rasio yang sehat dalam mengonsumsi karbohidrat, protein dan lemak adalah: 
- Kabohidrat : 60% 
- Protein        : 20% 
- Lemak        : 15% 
Pola makan yang kini banyak dianut masyarakat Okinawa-Jepang yang kini banyak dirujuk oleh berbagai belahan dunia termasuk masyarakat di negara-negara maju. Mereka menggunakan pengaturan pola makan berbentuk piramida. Dasar piramida menunjukkan porsi makan terbesar dan semakin ke atas semakin mengecil hingga puncak piramida mewakili porsi makanan terkecil.
Dengan pola makan tersebut, masyarakat Okinawa terbukti mempunyai harapan hidup dan sehat tertinggi di dunia. Dan angka penyakit kronis serta degeneratif seperti kepikunan atau osteoporosis dapat dikatakan sangat sedikit di pulau ini. Selain itu, usia menopause pada wanita Okinawa sepuluh tahun lebih lambat dibandingkan penduduk di negara Barat.

0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment