Tuesday, May 20, 2014

Olahraga untuk Kesehatan dan Keindahan Tubuh

Kesibukan yang padat sebagai perempuan aktif mulai dari mengrus rumah tangga, melakukan aktivitas sosial hingga menyelesaikan tugas-tugas rutin dalam pekerjaan membuat kita sering tidak sempat olahraga. Dengan berolahraga secara teratur, tubuh akan bugar dan terhindar dari risiko penyakit berat yang dapat menurunkan kualitas hidup. Tak hanya itu,olahraga juga membuat hidup kita lebih lama dan lebih produktif. Penyakit-penyakit yang dapat kita hindari dengan berolahraga yaitu:
ü  Kegemukan
ü  Nyeripunggung
ü  Osteoporosis
ü  Hipertensi
ü  Diabetes
ü  Penyakit jantung dan stroke
ü  Penuaan dini
ü  Rasa rendah diri dan stress

30 Menit untuk Tubuh Bugar

Untuk hasil maksimal, kita bisa melakukan beberapa hal berikut:
v  Sebelum memulai senam, lakukan pemanasan dengan berlari-lari kecil mengelilingi ruangan atau lari di tempat atau skipping selama lima menit.
v  Lanjutkan dengan latihan yang memfokuskan gerakan pada bagian tubuh tertentu. Lakukan masing-masing 12 kali untuk setiap gerakan, lalu ulangi dua sampai tiga set.
v  Perindah lengan dengan gerakan berikut: berdiri dengan kaki dibuka sedikit lebih lebar dari pada pinggul. Tegakkan punggung dan letakkan kedua tangan di kedua paha. Dengan dumbbell  1 kg, angkat kedua tangan bersamaan ke samping hingga setinggi bahu, tahan selama 8 detik lalu kembali ke posisi awal. Selama melakukan ini jagalah pinggang kita tetap tegak.
v  Untuk menguatkan otot bahu dan triceps (otot lengan atas bagian belakang), lakukan gerakan berikut: gunakan kursi atau bangku setinggi lutut dan duduklah di ujungnya. Tempatkan kedua tangan pada kedua sisi kursi dengan jari-jari menghadap ke depan. Usahakan kedua lutut tetap tegak lurus. Turunkan tubuh perlahan dengan cara membengkokkan kedua siku dan kembali ke posisi semula. Lakukan beberapa kali.

Di Pusat Kebugaran

Cara cepat dan efektif untuk menguatkan otot-otot tubuh adalah dengan berolahraga menggunakan alat beban. Secara berkala, tingkatkan berat beban untuk membakar lemak dan kalori yang berlebih dalam tubuh. Perhatikan teknik yang tepat yang diberikan oleh instruktur kita:
v  Melakukan pemanasan selama 5 menit dengan meregangkan kaki, pinggang atau tangan. Cukup gerakkan bagian-bagian tubuh ke kiri dan ke kanan kemudian ke atas dan ke bawah. Lakukan semua secara perlahan dan teratur.
v  Gunakan treadmill atau sepeda statis selama 5 menit. Jika nafas tersengal-sengal, jangan langsung menyerah. Lanjutkan latihan dengan memperlambat sedikit putaran tredmill. Cara ini dapat meningkatkan daya tahan tubuh dan memperlancar peredaran darah.
v  Setiap latihan beban, selalu awali dengan beban yang paling ringan. Kemudian naikan berat beban perlahan sesuai kemampuan. Saat akan mengangkat beban, buanglah nafas terlebih dahulu.
v  Agar tak pegal-pegal, selalu lakukan peregangan dan relaksasi sebelum menyudahi latihan kita.


0 comments:

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g: :h: :i: :j: :k: :l: :m: :n:

Post a Comment